5 Manfaat menakjubkan kulit pisang selain untuk dimakan

Share:

Setelah makan pisang, adalah hal yang wajar kalau kita langsung membuang kulitnya. Padahal kulit pisang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari untuk kecantikan hingga untuk tanaman.

Tak percaya? Coba cek beberapa manfaat menakjubkan dari kulit pisang yang jarang diketahui ini, seperti dilansir oleh Times of India.

1. Menyuburkan tanaman
Kulit pisang bisa digunakan untuk kompos dan menyuburkan tanaman. Kalian bisa langsung menggunakan kulit pisang dengan memotong-motongnya dan menaburkannya pada tanaman. Kulit pisang akan membuat tanah lebih subur dan tanaman cepat tumbuh.

Kalian juga bisa menggunakan kulit pisang untuk menyiram tanaman. Caranya, rendam kulit pisang dengan air. KEmudian campurkan air tersebut dengan lima bagian air bersih biasa. Selanjutnya siramkan air itu pada tanaman.

2. Menyembuhkan luka
Tak banyak orang yang tahu bahwa kulit pisang bisa digunakan untuk menyembuhkan luka dan membuat luka semakin membaik. Caranya adalah dengan menggosokkan kulit pisang pada bagian yang terluka, atau menempelkannya semalaman. Tentu saja, sebelumnya kulit pisang harus dibersihkan dulu.

3. Membuat bahan kulit dan perak berkilau
Menggosok bahan kulit, seperti tas atau sepatu dari kulit dengan kulit pisang bisa membuatnya terlihat mengkilap seperti jika menggunakan semir. Tak hanya itu, rendaman kulit pisang juga bisa digunakan untuk membuat perangkat perak menjadi lebih berkilau.

4. Menghilangkan kutil
Kulit pisang juga diklaim bisa menghilangkan kutil. Caranya adalah dengan menempelkan kulit pisang pada kutil dan membiarkannya semalaman. Cara ini diketahui bisa mengempeskan kutil secara berangsur-angsur.

5. Mengusir serangga
Yang suka berkebun pasti tahu bahwa serangga bisa jadi pengganggu tanaman. Kulit pisang bisa membantu kalian untuk menghalau serangga seperti lalat dari tanaman. Caranya cukup taburkan kulit pisang pada tanaman, atau tanam kulit pisang di kebun.

Itulah beberapa manfaat kulit pisang selain untuk dimakan. Sekarang sebaiknya pikir-pikir dulu sebelum langsung membuat kulit pisang.

Sumber : http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar